AKSI (Anak KelaS I)

Minggu, 27 November 2011

Soal-soal filsafat ilmu


1. Jelaskan apa yang saudara ketahui tentang filsafat ?
Filsafat adalah
• Ilmu pengetahuan yang menyelidiki segala sesuatu yang ada secara mendalam dengan menggunakan akal sampai pada hakikatnya
• Usaha untuk mengetahui segala sesuatu.

2. Dari definisi tersebut jelaskan objek material dan objek formal dalam filsafat!
Objek filsafat dibagi menjadi dua, yaitu:
• Objek material(baha yang menjadi tinjauan penelitian)adalah segala sesuatu yang ada, baik yang ada dalam pikiran, ada dalam kenyataan maupun ada dalam kemungkinan.
• Objek Formal(sudut pandang yang ditunjukan pada bahan dari penelitian atau pembentukan pengetahuaan, atau sudut dari mana objek material itu disorot) yaitu sudut pandangan yang menyeluruh, secara umum sehingga dapat mencapai hakikat dari objek materialnya.



3. Jelaskan apa yang saudara ketahui tentang peranan filsafat?
Peranan filsafat yaitu:
• Pendobrak
• Pembebas
• Pembimbing

4. Sebutkan dan Jelaskan cabang-cabang filsafat yang saudara ketahui!
Berdasarkan persoalan filsafat(keberadaan,pengetahuan,niali-nilai) cabang filsafat adalah:
• Persoalan keberadaan (being) atau eksistensi (existence)
• Persoalan pengetahuan (knowledge) atau kebenaran (truth)
• Persoalan niali-nilai (values)

5. Sebutkan cirri-ciri berfikir secara kefilsafatan yang saudara ketahui!
Ciri-ciri permasalahan dalam filsafat yaitu:
• Bersifat sangat umum
• Tidak menyangkut fakta
• Bersangkutan dengan nilai-nilai(values)
• Bersifat kritis
• Bersifat sinoptik
• Bersifat implikatif

6. Berangkat dari cabang-cabang filsafat ada tiga landasan pengembangan ilmu pengetahuan yakni ontology,epistemology dan aksiologi. Jelaskan ketika landasan tersebut!
• Landasan Ontologi
Titik tolak penelaahan ilmu pengetahuan didasarkan atas sikap dan pendirian filosofis yang dimiliki ilmuan.

• Landasan Epistemologi
Titik tolak penelaahan ilmu pengetahuan didasarkan atas cara dan prosedur dalam memperoleh kebenaran .
• Landasan Aksiologis
Merupakan sikap etis yang harus dikembangkan oleh ilmuwan,terutama dalam kaitannya dengan nilai yang diyakini kebenarannya.

7. Jelaskan apa yang saudara ketahui tentang pengertian epistemology!
Epistemologi merupakan salah satu elemen penting dalam suatu bangunan ilmu pengetahuan,ideology atau konstruksi pemahaman tertentu disamping ontology dan aksiologi. Terminus epistemology berasal dari bahasa Yunani, episteme yang berarti “Pengetahuan”.

8. Menurut John Hospers dalam buku “An Introduction to Philosophical Analysis” mengemukakan ada enam alat yang dijadikan sumber pengetahuan. Sebutkan dan jelaskan secara singkat enam alat tersebut!
John Hospers dalam bukunya An Introduction to Philosophical Analysis (Abbas Hamami, 1982 ) mengemukakan ada enam alat untuk memperoleh pengetahuan,yaitu :
1. Pengalaman Indra ( sense experience):
Orang sering merasa pengindraan merupakan alat yang paling vital dalam memperoleh pengetahuan. Realisme adalah suatu paham yang berpendapat bahwa semua yang dapat diketahui adalah hanya kenyataan. Jadi pengetahuan berawal mula dari kenyataan yang dapat diindrai.
2. Nalar ( reason )
Nalar adalah satu corak berpikir dengan menggabungkan dua pemikiran atau lebihj dengan maksud untuk mendapat pengetahuan baru.
Principium Identitas adalah sesuatu itu mesti sama dengan dirinya sendiri. Asas ini biasa juga disebut asas kesamaan.

3. Otoritas ( authority )
Otoritas adalah kekuasaan yang sah yang dimiliki oleh seseorang dan diakui oleh kelompoknya. Otoritas menjadi salah satu sumber pengetahuan, karena kelompoknya memiliki pengetahuan melalui seseorang yang mempunyai kewibawaan dalam pengetahuannya.
Tugas filsafat ilmu 5
4. Intuisi ( Intuition )
Intuisi adalah kemampuan yang ada pada diri manusia yang berupa proses kejiwaan dengan tanpa suatu rangsangan atau stimulus mampu untuk membuat pernyataan yang berupa pengetahuan.
5. Wahyu (revelation )
Wahyu adalah berita yang disampaikan oleh Tuhan kepada Nabi-Nya untuk kepentingan umatnya. Kita mempunyai pengetahuan melalui wahyu, karena ada kepercayaan tentang sesuatu yang disampaikan itu.

6. Keyakinan ( faith )
Keyakinan adalah suatu kemampuan yang ada pada diri manusia yang diperoleh melalui kepercayaan. Sesungguhnya antara sumber pengetahuan yang berupa wahyu dan keyakinan ini sangat sukar untuk dibedakan secara jelas karena keduanya menetapkan bahwa alat lain yang dipergunakannya adalah kepercayaan.

9. Sebutkan dan Jelaskan secara singkat teori-teori kebenaran dalam pengetahuan!
Teori Kebenaran antara lain:
• Teori Kebenaran saling berhubungan(Coherence Theory of Truth): Suatu proposisi itu benar jika mempunyai hubungan dengan ide-ide dari proposisi yang telah ada(benar)/proposisi itu mempunyai hubungan dengan proposisi terdahulu yang benar.
• Teori kebenaran saling bersesuaian(Correspoondence Theory Of Truth): suatu proposisi bernilai benar apabila saling berkesesuaian dengan dunia kenyataan.
• Teori kebenaran Inherensi(Inherent of Truth): suatu proposisi bernilai benar apabila mempunyai konsekuensi yang dapat dipergunakan(bermanfaat)
• Teori kebenaran berdasarkan arti(Semantic Theory of Truth): proposes itu ditinjau dari segi artinya atau maknanya.
• Teori kebenaran sintaksis: suatu pernyataan memiliki nilai benar apabila pernyataan itu mengikuti aturan-aturan sintaksis(gramatika) yang baku.
• Teori kebenaran nondeskripsi:suatu pernyataan akan mempunyai nilai benar amat tergantung pada peran dan fungsi dari pernyataan itu.
• Teori kebenaran Logik yang Berlebihan(Logical Superfluity Truth): problema kebenaran hanya merupakan kekacauan bahasa dan hal ini mengakibatkan suatu pemborosan, karena apa yang hendak dibuktikan kebenarannya memiliki derajat logis yang sama yang saling melingkupinya.

10. Pilih salah satu(Plato atau Aristoteles), kemudian jelaskan tentang pebagian pengetahuan menurut filsuf yang saudara pilh!
Jenis-jenis pengetahuan(Plato dan Aristoteles):
1. Pengetahuan eikasia(khayalan)
Tingkatan yang paling rendah disebut pengetahuan Eikasia, ialah pengetahuan yang objeknya berupa bayangan atau gambaran. Pengetahuan ini isinya adalah hal-hal yang berhubungan dengan kesenangan atau kesukaan serta kenikmatan manusia yang berpengalaman.
2. Penegtahuan Pistis (Substansial)
Tingkatan yang paling rendah disebut pengetahuan Eikasia, ialah pengetahuan yang objeknya berupa bayangan atau gambaran. Pengetahuan ini isinya adalah hal-hal yang berhubungan dengan kesenangan atau kesukaan serta kenikmatan manusia yang berpengalaman.
3. Pengetahuan Dianoya(Matematik)
Plato menerangkan tingkat pengetahuan ini adalah tingkatan ketiga yang ada di dalamnya sesuatu yang tidak hanya terletak pada fakta atau objek yang tampak, tetapi juga terletak pada bagaimana cara berpikirnya.
4. Pengetahuan Neosis(Filsafat)
Pengetahuan Neosis adalah pengetahuan tingkatan tertinggi, pengetahuan yang objeknya adalah arche ialah prinsip utama yang mencakup epistemologik dan metafisik. Prinsip utama ini disebut ”IDE”. Plato menerangkan tentang pengetahuan ini adalah hampir sama dengan pengetahuan pikir
Tujuannya adalah untuk mencapai prinsip utama yang isinya hal yang berupa kebaikan, kebenaran dan keadilan.
• Pengetahuan produksi
• Pengetahuan praktis
• Pengetahuan teoretis

11. Apa yang saudara ketahui tentang penegrtian filsafat ilmu!
Filsafat dalam bahasa Inggris, yaitu philosophy, adapun istilah
filsafat berasal dari bahasa Yunani, philosophia, yang terdiri atas dua
kata: philos (cinta) atau philia (persahabatan, tertarik kepada) dan shopia
(hikmah, kebijaksanaan, pengetahuan, keterampilan, pengalaman praktis,
inteligensi). Jadi secara etimologi, filsafat berarti cinta kebijaksanaan atau
kebenaran. Plato menyebut Socrates sebagai philosophos (filosof) dalam
pengertian pencinta kebijaksanaan. Kata falsafah merupakan arabisasi
yang berarti pencarian yang dilakukan oleh para filosof. Dalam Kamus
Besar Bahasa Indonesia, kata filsafat menunjukkan pengertian yang
dimaksud, yaitu pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi
mengenai hakikat segala yang ada, sebab asal dan hukumnya. Manusia
filosofis adalah manusia yang memiliki kesadaran diri dan akal sebagaimana ia juga memiliki jiwa yang independen dan bersifat spiritual.

12. Ada empat aliran dalam pengetahuan yakni rasionalisme, empirisme, kritisisme danpositivism.Pilih salah satu dari aliran tersebut yang saudara kuasai, kemudian jelaskan pandanganna dan siapa filsuf dalam aliran yang saudara pilih itu!
• . Rasionalisme
Aliran ini berpendapat bahwa sumber pengetahuan yang mencukupi dan yang dapat dipercayai adalah rasio (akal). Akal dapat menurunkan kebenaran daripada dirinya sendiri, yaitu atas dasar asas pertama yang pasti. Metode yang diterapkan adalah deduktif. Filsufnya antara lain : Rene Descartes, B. Spinoza dan Leibniz.
• Empirisme
Aliran ini berpendapat bahwa empiris yang menjadi sumber pengetahuan, baik pengalaman yang batiniah maupun lahiriah. Akal bukan jadi sumber pengetahuan, tetai akal mendapat tugas untuk mengolah bahan yang diperoleh dari pengalaman. Metode yang diterapkan adalah induksi. Filsuf empirisme antara lain : John Locke, David Hume, William James.
• Kritisme
Dalam Kritik atas Rasio Murni, I. Kant membedakan tiga macam pengetahuan sebagai berikut :
(1) Pengetahuan analitis
(2) Pengetahuan sintetis aposteriori
(3) Pengetahuan sintetis apriori
• Positivisme
Positivisme berpangkal dari apa yang telah diketahui, yang faktual dan yang positif. Segala uraian dan persoalan yang diluar apa yang ada sebagai fakta atau kenyataan dikesampingkan.
Tokoh positivisme adalah August Comte, perkembangan pemikiran manusia berlangsung dalam 3 tahap 3 zaman, yaitu zaman teologis, metafisis dan ilmiah atau zaman positif.

13. Jelaskan perbedaan antara metode siklus-empirik dengan metode linier! Jika saudara diminta untuk memprediksi siapa Presiden Republik Indonesia periode 2014-2019 yang akan datang, saudara tentu ingin meneliti dengan menggunakan metode tersebut!
Metode ilmiah dibagi dua:
1. Siklus empiris(ilmu alam): Metode siklus-empiris ialah suatu penanganan terhadap sesuatu objek ilmiah tertentu yang biasanya bersifat empiris-kealaman dan yang penerapannya terjadi di tempat yang tertutup.
Meliputi:
- Observasi(pengamatan)
- Peneraan metode induksi: Metode induksi ialah cara penanganan terhadap sesuatu objek tertentu dengan jalan menarik kesimpulan yang bersifat umum atau yang bersifat lebih umum berdasarkan atas pemahaman atau pengamatan terhadap jumlah hal yang bersifat khusus.
- Eksperiment(percobaan)
- Verifikasi(pengujian ualang terhadap hipotesis)
- Teori
- Hukum alam
2. Metode linier(ilmu social-humaniora)
- Persepsi(penangkapan indrawi)
- Konsepsi(disusun sebuah pengertian)
- Prediksi (peramalan tentang kemungkinan yang akan terjadi dimasa depan.


14. Sebuah kategori penggolongan ilmu yang banyak dikemukakan para ahli ialah pembebasan segenap pengetahuan ilmiah dalam dua kelas yang istilahny saling berlawanan. Pilih salah satu penggolongan ilmu tersebut, kemudian jelaskan!
Objek yang memuat pengetahuan ilmiah:
1. Deskripsi(mendeskripsikan), yaitu metode yang digunakan untuk mencari unsure-unsur,cirri-ciri,sifat-sifat suatu fenomena. Metode ini dimulai dengan mengumpulkan data, mengaanalisis data dan menginterprestasikannya.
2. Preskripsi
3. Eksposisi pola
4. Rekontruksi historis
Penggolongan ilmu-ilmu:
1. Ilmu formal dan nonformal
2. Ilmu murni dan terapan
3. Ilmu nomotetis dan idografis
4. Ilmu deduktif dan induktif
5. Naturwissenschaften dan geisteswissenschaften
6. Ilmu empiris secara lebih khusus.

15. Pilih salah satu filsuf( The Liang Gie, August Comte, Karl Raimund Popper,Thomas S Khun atau Jurgen Habermas). Kemudian jelaskan secara singkat pandangannya tentang klasifikasi ilmu dari filsuf yang saudara pilih!
Klasifikasi ilmu pengetahuan menurut para filsuf:
1. The Liang Gie
Membagi ilmu menjadi 2 ragam, yaitu:
- Ilmu teoretis
- Ilmu praktis
Membagi ilmu menjadi 7 jenis:
- Ilmu matematika
- Ilmu fisika
- Ilmu biologis
- Ilmu psikologis
- Ilmu social
- Ilmu linguistic
- Ilmu interdisipliner
2. Karl Raimund Popper
Ilmu pengetahuan manusia dikelompokkan dalam tiga dunia(world), yaitu:
Dunia 1 : kenyataan fisis dunia
Dunia 2 : kenyatan psikis dalam diri manusia
Dunia 3 : hipotesis,hokum teori (ciptaan manusia)
- Karya ilmiah
- Studi ilmiah
- Penelitian ilmiah

16. Jelaskan manfaat belajar filsafat ilmu!
Manfaat belajar Filsafat Ilmu
 Para ilmuwan akan menyadari keterbatasan dirinya dan tidak terperangkap ke dalam sikap arogansi intelektual
 Sikap keterbukaan di kalangan ilmuwan sehingga mereka saling menyapa dan mengarahkan seluruh potensi keilmuwan yang dimilki untuk kepentingan manusia.
Manfaat filsafat ilmu secara umum :
 Sarana pengujian penalaran ilmiah
 Usaha merefleksi, menguji, mengkritik asumsi, dan metode keilmuan
 Member pendasaran logis terhadap metode keilmuan.

17. Jelaskan perbedaan metode dan metodelogi!
Menurut Hebert Bisno, metode adalah teknik-teknik yang digeneralisasikan dengan baik agar dapat di terima atau digunakan secara sama dalam satu disiplin, praktek, atau bidang disiplin dan praktek.
metodologi adalah ilmu-ilmu yang digunakan untuk memperoleh kebenaran menggunakan penelusuran dengan tata cara tertentu dalam menemukan kebenaran tergantung dari realitas yang sedang dikaji.
perbedaan antara Metode dan Metodologi adalah jika metode merupakan cara atau teknik untuk mencapai suatu tujuan, maka metodologi adalah ilmu yang membicarakan tentang cara-cara untuk mencapai tujuan tersebut.



Download File

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

http://anakkelasi.blogspot.com/