AKSI (Anak KelaS I)

Jumat, 23 Juli 2010

Perkiraan Kisi-Kisi Arsitektur & Organisasi Komputer

1.      Gambarkan diagram aliran data dalam interupsi pre-fetch?

Jawab:
Diagram Aliran data dalam Interupsi




2.      Tentang Unit Control?

Jawab:
Unit kontrol (bahasa Inggris: Control Unit - CU) adalah salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut. Output dari CU ini akan mengatur aktivitas dari bagian lainnya dari perangkat CPU tersebut.
-       Tugas dari CU adalah sebagai berikut:[1]
1.      Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
2.      Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
3.      Mengambil data dari memori utama kalau diperlukan oleh proses.
4.      Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja.
5.      Menyimpan hasil proses ke memori utama.




3.      Komputasi parallel , pemrograman parallel & tujuan pemrograman parallel. – aliran data & aliran istruksi berdasarkan M.J. Flynn. – motivasi yang menyebabkan ada’ya kebutuhan akan pengolahan parallel.

Jawab:
-          Komputasi paralel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputerindependen secara bersamaan.
-          Pemrograman paralel adalah teknik pemrograman komputeryang memungkinkan eksekusi perintah/operasi secara bersamaan (komputasi paralel), baik dalam komputer dengan satu (prosesor tunggal) ataupun banyak (prosesor ganda dengan mesin paralel) CPU.
-          Tujuan utama dari pemrograman paralel adalah untuk meningkatkan performa komputasi. Semakin banyak hal yang bisa dilakukan secara bersamaan (dalam waktu yang sama), semakin banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan.
-          Berdasarkan jumlah aliran instruksi dan aliran datanya, Michael J. Flynn pada tahun 1966 mengelompokkan komputer digital menjadi empat golongan besar [Hwa85]. Aliran instruksi(instruction stream) adalah urutan instruksi yang dieksekusi oleh system komputer, sedangkan aliran data (data stream) adalah urutan data yang diolah termasuk data masukan, bagian dari data, maupun data sementara yang dipanggil atau digunakan oleh aliran instruksi.
-          Kebutuhan akan Pengolahan Paralel
Motivasi :
-. Pengolahan data numerik dalam jumlah yang sangat besar.
-. Kebutuhan akan ketersediaan data yang senantiasa up to date.

4.      Pengertian Instruksi yang terdapat dalam system computer. – bagan alur konsep keadaan (sttus) proses.

Jawab:
Konsep Keadaan (Status) Proses




5.      RISC & CISC) ?
Jawab:
CISC (Complex Instruction Set Computer)Arsitektur komputer dengan kumpulan perintah yang rumit
CISC dimaksudkan untuk meminimumkan jumlah perintah yang diperlukan untuk mengerjakan pekerjaan yang diberikan. (Jumlah perintah sedikit tetapi rumit)  Konsep CISC menjadikan mesin mudah untuk diprogram dalam bahasa rakitan, tetapi konsep ini menyulitkan dalam penyusunan kompiler bahasa pemrograman tingkat tinggi. Dalam CISC banyak terdapat perintah bahasa mesin.


RISC (Reduced Instruction Set Computer) Arsitektur komputer dengan kumpulan perintah yang sederhana
RISC menyederhanakan rumusan perintah sehingga lebih efisien dalam penyusunan compiler yang pada akhirnya dapat memaksimumkan kinerja program yang ditulis dalam bahasa tingkat tinggi. Konsep arsitektur RISC banyak menerapkan proses eksekusi pipeline. Meskipun jumlah perintah tunggal yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan yang diberikan mungkin lebih besar, eksekusi secara pipeline memerlukan waktu yang lebih singkat daripada waktu untuk melakukan pekerjaan yang sama dengan menggunakan perintah yang lebih rumit.

6.      Interconnection  network / jaringan computer ?
Jawab:
-          Internet (Interconnection Network) adalah sekumpulan jaringan komputer yang terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan.
-          Interconnection Network yang berarti hubungan antar jaringan komputer (network).
Network (Jaringan) adalah suatu sistem komunikasi data antar komputer.


----JAWABAN INI BLOM LAH SEPUNUHNYA LENGKAP… MOHON MAAF ATASKEKURANGAN’Y---

Download file EnterUpload

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

http://anakkelasi.blogspot.com/