AKSI (Anak KelaS I)

Senin, 17 Mei 2010

CARA CEPAT & MUDAH MEMBUAT WEBSITE


Karena Arus Informasi dan teknologi yang berkembang sedemikian cepat membuat individu seperti kita mau tidak mau harus berpikir lebih kreatif dan inovatif, mungkin anda pernah berpikir untuk memasarkan suatu produk yang saat ini anda lakukan melalui sebuah website, mungkin tutorial ini dapat membantu anda dari awal mula menginstall program pendukung samaai dengan menginstall source untuk membuat website itu sendiri. Langsung saja kita membahas tentang tutorial Cara Cepat & Mudah Membuat Website.
Umumnya, jika ingin membuat sebuah website kita harus memiliki pengetahuan tentang bahasa pemrograman PHP, HTML, JAVA dan lainnya. Tentu saja dalam mempelajarinya membutuhkan waktu dan proses yang cukup panjang. Dengan teknologi website yang semakin canggih, ada cara yang lebih praktis dan bisa dikerjakan oleh orang awam sekalipun. Kita bisa membuat website secara instan dengan Joomla.
Sejarah Joomla
Joomla merupakan pecahan dari inti mambo. Tim inti penunjang Open Source ini bergabung dalam kelompok yang bernama Open Source Matters (OSM). Lewat OSM ini Joomla beralih untuk meninggalkan mambo. Dari Joomla juga banyak perbaikan-perbaikan atau perubahan-perubahan dari mambo, serta melengkapi keamanannya secara lengkap. Beberapa kelemahan yang disempurnakan, yaitu :
 Penyempurnaan cacat di class phpMailer.  Penambalan cacat di fitur aktivasi yang mengandung ruang terbuka untuk diserang denga SQL Injection. Penyempurnaan cacat dikomponen jajak pendapat (polls component). Penyempurnaan mass mailer yang terbuka bagi spam.
Apa Itu Joomla
Saya yakin, pasti anda sering membuka banyak website, dari sekian banyak website yang dibuka pasti ada beberapa website yang menurut anda menarik. Terutama dalam hal tampilan. Coba anda perhatikan beberapa tampilan website dibawah ini.




Apakah untuk membuat website tersebut perlu menguasai bahasa pemrograman web?
Tentu tidak semua website diatas dibuat menggunakan Joomla. Tentu saja dengan modifikasi yang berbeda tanpa harus memahami bahasa pemrograman.Mengapa harus Joomla. Apakah tidak ada yang lain? Joomla Merupakan salah satu aplikasi manajemen situs yang terbuka (Open Source Content Management System-OS CMS) yang sangat hebat dan tercanggih di kelas CMS terkini.
Joomla Saat ini sudah memasuki area komunitas. Joomla! menjadi sebuah trade-mark atau brand-image, bahwa dunia open source bisa berkembang dengan baik dan sempurna. Joomla Menjadi milik semua orang yang dapat digunakan untuk dikembangkan berdasarkan kemampuan dan keterampilannya untuk menjadi penyumbang dalam pengembangan proyek situs. Semua orang berhak mengetahui dan menggunakan Joomla. Semua orang juga berhak untuk mengotak-atik Joomla Bahkan semua orang mempunyai kesempatan yang sama dalam hal pengembangan proyek Joomla! ini. Drngan demikian, Joomla Menjadi milik bersama bagi semua, komunitas dan masyarakat.
Dengan Joomla Membuat website menjadi lebih mudah kita tidak membutuhkan pengetahuan tentang desain atau pemrograman dalam membuat website. Pengerjaannya pun memakan waktu yang relatif lebih singkat dibandinkan dengan membuatnya dengan aplikasi lain, yang dibutuhkan hanyalah pengetahuan dasar mengenai cara menginstal.
Selain kemudahan dalam membuatnya, banyak kemudahan lain yang ditawarkan Joomla, diantaranya:
Gratis Joomla Bisa didapatkan secara gratis dengan mendownload aplikasinya dari Internet
Kemudahan dalam mengelola isi website
Mengelola isi website dengan menggunakan Joomla! lebih mudah karena sudah disediakan untuk pengaturannya. Pengguna Joomla! tinggal membuat apa yang ingin dimasukan kedalam website.
Kemudahan mengganti tampilan website
Tampilan atau yang biasa disebut Template Joomla! sangat banyak dan beragam sesuai versi Joomla! yang kita gunakan. Memodifikasi template yang kita pakai pun sangat mudah. Gambar template dapat diedit menggunakan photoshop, dengan demikian template akan berubah sesuai dengan yang anda inginkan.
Dukungan dari pihak ketiga
Jika kita ingin menginstall komponen, modul ataupun plugin yang ingin kita gunakan dapat dengan mudah digunakan dan dikonfigurasikan sesuai dengan keinginan kita. Tentu saja komponen, modul ataupun plugin yang ingin kita gunakan harus sesuai dengan versi Joomla! yang dipakai. Bisa anda download melalui internet modul, modul ataupun plugin tersebut. Saat ini mungkin anda masih belum bisa membuat komponen, modul ataupun plugin Joomla sendiri. namun suatu saat nanti mungkin saja anda dapat membuat komponen, modul ataupun plugin untuk website anda sesuai dengan yang anda kehendaki.
Installasi Joomla secara offline
Sebelum menginstall Joomla secara online sebaiknya Joomla diinstall pada komputer kita sendiri tanpa harus terhubung ke internet. Hal ini memiliki beberapa keuntungan, diantaranya:
Tidak perlu menggunakan fasilitas internet sehingga bisa menghemat biaya akses bila menggunakan koneksi time base .
Proses modifikasi lebih cepat dibandingkan dilakukan secara online. Karena bila melakukannya secara online maka itu tergantung koneksi internet ditempat anda.
Sebelum menginstall joomla secara offline (komputer yang tidak terkoneksi dengan internet) ada beberapa hal yang perlu disiapkan , yaitu:
  1. Server loakl, dalam hal ini digunakan xampp
  2. Source joomla yang akan digunakan, dalam hal ini menggunakan Joomla versi 1.5 17 Anda dapat mendownload DISINI.
Instalasi Local Server XAMPP
Sebelum menginstall Joomla, kita memerlukan sebuah server, sehingga Joomla dapat diinstall. Dan dijalankan di komputer lokal tanpa harus terhubung ke internet. Dalam hal ini, menggunakan XAMPP. Anda bisa mendownloadnya DISINI.
Double klik xampp untuk memulai proses install
 
Klik browse bila anda ingin menempatkan folder installasi xampp sesuai keinginan anda, atau biarkan default klik install.
 
Selanjutnya akan tampil pesan apakah anda ingin membuat shortcut di desktop. Klik Y untuk menampilkan .
 
pada tahap selanjutnya akan tampil pesan klik angka 1 untuk memulai proses start XAMPP

 
Akan tampil XAMPP control panel, klik START pada Apache dan MySql untuk menjalankan xampp dan memulai untuk menginstall Joomla, sampai pada saat ini proses installasi xampp selesai, selanjutnya saya akan membahas tentang cara menginstall Joomla.

Instalasi Joomla
Sebelumnya anda harus mendownload Source Joomla versi 1.5.17 terlebih dahulu DISINI. dan jangan lupa untuk menjalankan XAMPP control panel
Setelah anda mendownload buatlah satu folder untuk mengextrack file source Joomla yang tadi di download, Disini saya mencontohkan membuat folder TEST yang nantinya akan menjadi halaman web local kita pada pc kita.
 
Copy dan Pastekan folder tersebut kedalam directory C:/Program Files/XAMPP/htdocs/ .
 
Selanjutnya buka browser anda beri nama http://localhost/test/ pad URL di browser anda. maka akan terlihat proses awal installasi seperti ini. Biarkan saja bahasa yang digunakan English, kecuali anda paham bahas yang lain yang telah disediakan, Klik Next.
 
Akan ada Pre Installation Check yang berisikan juga versi Joomla yang kita install, klik Next
 
Selanjutnya akan ada pemberitahuan License, klik Next.
 
Selanjutnya akan tampil jendela Database Configuration. Aturlah sebagai berikut : Pada Database Typr pilih MySql, Host Name tuliskan Localhost, pada Username isikan Root, password dikosongkan, untuk Database Namenya tuliskan testdb.
 
Akan tampil jendela FTP, klik Next
 
Pada Main Configuration aturlah seperti ini. Untuk Site Name isikan Test.com, pada Your Email isiskanemail anda, isikan admin password dan confirm admin password yang isinya sama dengan password.
 
Selanjutnya anda klik Install sample data

 
 Selanjutnya anda akan keluar jendela bahwa anda telah sukses menginstall joomla tapi akan keluar jendela untuk menghapus file installation yang ada di directory C:/Program Files/XAMPP/htdocs/test.
 
Hapus file instalation atau rename saja menjadi instalation_Test misalnya...

 
Akan Tampil menu admin, isikan username admin dan password yang anda buat tadi. klik login
 
Anda akan dibawa ke muenu administrator, sekarang anda sudah bisa memodifikasi Joomla Anda. klik preview untuk melihat website yang telah anda buat.
 
setelah anda klik preview maka anda dibawa ke website joomla yang telah anda instaal tadi, tampilannya sebagai berikut.
 
Selesai sudah, saat ini anda sudah mempunyai website sendiri yang dapat anda modifikasi dari desain template, komponen, modul dan plugin sesuai kebutuhan anda. Mudah bukan. dan harus diingat bila anda ingin memasuki website yang tadi dibuat tuliskan http://localhost/test/ atau bila anda ingin mengedit ataupun memodifikasi Joomla anda ketikan http://localhost/test/administrator/ pada browser anda dan jangan lupa sebelum anda menjalankan joomla anda aktifkan terlebih dahulu XAMPP control panel.
Artikel ini akan terus saya update, jadi untuk anda yang ingin belajar membuat website menggunakan Joomal mari kita belajar bersama, karena saya akui sendiri bahwa saya sendiri masih banyak belajar tentang dunia website ini. jadi terus berkunjung yah di website saya yah. Dan sebagai tambahan untuk anda saya tambahkan ebook dari forum sebelah yang berbaik hati memberikannya.

Bab 1. Mengenal Extensions (Download Bab1_Mengenal_Extension)
1.1. Component
1.1.1. Mengenal Component
1.1.2. Menginstal Component
1.1.3. Menghapus Component
1.1.4. Beberapa Component Penting

1.2. Module
1.2.1. Mengenal Module
1.2.2. Menginstal Module
1.2.3. Mengatur Parameter Module
1.2.4. Beberapa Module Penting

1.3. Plugins/Mambots
1.3.1. Mengenal Plugin
1.3.2. Menginstal Plugin
1.3.3. Mengatur Parameter Plugin
1.3.4. Beberapa Plugin Penting
Bab 2. Acces & Security (Download Bab2 Acces & Security)
2.1. Security Images (Captcha)
2.2. Anti Right Click
2.3. Login to Read Full Text
2.4. Easy Spam Killer
2.5. Protect Configuration File
2.6. Protect Administration Directory
2.7. Joomla Pack Backup
2.8. Content Confuser
2.9. Redirect Failed Login
2.10. Double Login Blocker
BAB 3 Administration (Download Bab 3 Administrattion)
3.1. Auto Purge Cache
3.2. Session Meter
3.3. Easy Search
3.4. Rename Component
3.5. Easy Toolbar
3.6. Custom Quick Icons
3.7. Banner Statistic
3.8. Editor Switch
3.9. Recent User Activity Log
BAB 4. Ads & Affiliates (Download Bab 4 Ads & Affiliates)
4.1. Banner Slider
4.2. Flex Banner
4.3. Ninja Ajax Banner
4.4. Site Corner Image
4.5. Page Peel Banner
4.6. Jobline – Recruitment Online
4.7. Ads Manager
4.7.1 Proses Instalasi
4.7.2 Mengatur Konfigurasi
4.7.3 Membuat Kategori
4.7.4 Mengaktifkan menu Ads Manager
4.7.5 Membuat Iklan melalui Administrator
4.7.6 Membuat Iklan melalui Halaman Utama
4.7.7 Menampilkan Iklan Terbaru
4.7.8 Menampilkan Iklan Terpopuler
4.7.9 Menampilkan Iklan Acak

http://ngablu.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

http://anakkelasi.blogspot.com/