AKSI (Anak KelaS I)

Jumat, 22 Oktober 2010

Pemrograman Berorientasi Obyek (OOP)_PERCABANGAN_2

• If – Else
Bentuk if-else menyebabkan eksekusi dijalankan melalui sekumpulan keadaan boolean sehingga hanya bagian tertentu program yang dijalankan. Bentuk umum pernyataan if-else :

if (boolean expression) statement 1; [else statement 2; ]
Klausa else bersifat optional, setiap statement dapat berupa satu statement tunggal atau dapat berupa satu blok statement yang ditandai dengan tanda {} (kurung kurawal). Boolean expression dapat berupa sembarang pernyataan boolean yang menghasilkan besaran boolean.

• Break
Java tidak memiliki pernyataan goto. Penggunaan goto adalah untuk membuat percabangan secara sembarang yang membuat program sulit dimengerti dan mengurangi optimasi compiler tertentu. Pernyataan break pada Java dirancang untuk mengatasi semua kasus tersebut. Istilah break mengacu kepada proses memecahkan blok program. Proses tersebut memerintahkan runtime untuk menjalankan program dibelakang blok tertentu. Untuk dapat ditunjuk blok diberi nama/label. Break juga dapat digunakan tanpa label untuk keluar dari suatu loop dan pernyataan switch. Penggunaan break menunjukkan bahwa kita akan keluar dari sutu blok program.
• Switch
Pernyataan switch memberikan suatu cara untuk mengirimkan bagian program berdasarkan nilai suatu variabel atau pernyataan tunggal. Bentuk umum pernyataan switch :


switch (expression)
{              case value1 :
Statement;
break;
case value2 :
Statement;
break;
case valueN :
Statement;
break;
default;
}

Expression dapat menghasilkan suatu tipe sederhana, dan setiap value yang disebutkan pada pernyataan case harus berupa tipe yang cocok. Pernyataan switch bekerja dengan cara membandingkan nilai expression dengan setiap nilai pada pernyataan case. Jika ada yang cocok maka urutan program yang ada di pernyataan case tersebut akan dijalankan, jika tidak ada yang cocok, program akan menjalankan default

• Return
Java menggunakan bentuk sub-routine yang disebut method untuk mengimplemen-tasikan antarmuka prosedural ke class objek. Setiap saat dalam method dapat digunakan pernyataan return yang menyebabkan eksekusi mencabang kembali ke pemanggil method.


PERULANGAN
Loop atau sering disebut juga sebagai iterasi adalah pengualangan suatu eksekusi dari suatu kode program. Pengulangan ini akan terus dilakukkan sampai sebuah kondisi dicapai atau perulangan tersebut telah diulang sebanyak n kali.
Didalam bahasa java terdapat beberapa macam perulangan yaitu :

a. While
Statemen while digunakan untuk mengeksekusi sebuah blok secara berulang selama memenuhi kondisi tertentu..
Bentuk umum:

while(ekspresi) {
…………… statemen …………….. }

Contoh Program :
class ulang1 {
public static void main (String []args ) {
System.out.println(“Masukkan angka kamu : “);
char c = (char) System.in.read();
while (c <> ‘7’ ) {
   System.out.println(“Please try again ! “);
   System.out.println(“Masukkan angka kamu : “);
   char c = (char) System.in.read();
}
System.out.println(“Anda Benar !!!!! “);
}
}

b. Do….While
Sama halnya dengan while, statemen do-while digunakan untuk mengeksekusi sebuah blok secara berulang sampai tidak memenuhi kondisi tertentu. Pada penggunaan while, ekspresi diperiksa pada saat awal, jadi kemungkinan blok statemen dalam while tidak pernah dieksekusi. Pada penggunaan do-while, ekspresi tidak diperiksa pada saat awal eksekusi, jadi minimal blok statemen do-while akan di eksekusi sekali.
Bentuk Umum :
do {
………….. statemen…………..
}while(ekspresi)
Contoh Program :
class DoWhile {
public static void main (String args[]) {
int n = 10 ;
do {
   System.out.println(“tick tick “ + n);
   n--;
} while(n > 0);
}
}

c. For
Statemen for digunakan untuk mengeksekusi sebuah blok secara berulang dalam sebuah range tertentu.
Bentuk Umum :
for(inisialisai;terminasi;increment){
………………….. statemen ……………… }
Contoh Program :
class ForTick {
public static void main (String []args) {
int n;
for(n=10;n>0;n--)
System.out.println(“tick tick “ + n);
}
}


Download file

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

http://anakkelasi.blogspot.com/