AKSI (Anak KelaS I)

Minggu, 17 Oktober 2010

Sistem Operasi -2


Apa yang dimaksud dengan Sistem Operasi?
Suatu program yang berlaku sebagai suatu perantara antara seorang user dan hardware komputer.
Tujuan Sistem Operasi:
- Mengeksekusi program user dan memecahkan permasalahan user secara lebih mudah.
- Membuat sistem komputer lebih mudah untuk digunakan
Dengan system operasi (os) hardware komputer secara lebih efisien

Komponen Sistem Komputer
1. Hardware - menyediakan dasar untuk menghitung sumber daya (CPU, memori, sarana I/O).
2. Sistem operasi - mengendalikan dan mengkoordinasi penggunaan hardware di antara berbagai program aplikasi untuk berbagai user.
3. Program aplikasi - menggambarkan penggunaan sumber daya sistem dalam memecahkan, menghitung permasalahan user (compiler, sistem database, game video, program bisnis).
4. User (manusia, mesin, komputer lain).


Abstrak Komponen Sistem computer

Definisi Sistem Operasi
-          Resource allocator - mengatur dan mengalokasikan sumber daya.
-          Control  program - mengendalikan dan memonitor eksekusi program user dan operasi I/O device.
-          Kernel - program yang running terus menerus (selain program aplikasi).

Early system
-          awalnya mesin komputer secara fisik besar dan dikendalikan melalui console.  operasi  sisyem belum ada, sehinggan user langsung berhadapan dengan hardware

Sistem Mainframe
Mengurangi waktu dengan mengelompokkan pekerjaan yang serupa
Mengurutkan pekerjaan secara otomatis (Automatic Job Sequencing) – memindahkan kontrol dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain secara otomatis. Sistem operasi bersifat sebagai elementer pertama.
Resident monitor :
- Initial Control di dalam monitor
- Control Transfers ke pekerjaan
- Ketika pekerjaan sudah lengkap, ditransfer ke monitor

Tata Ruang Memori untuk Sistem Batch Sederhana

Sistem Batch Multiprogrammed
Beberapa pekerjaan tetap berada di main memory pada saat yang bersamaan dan CPU melakukan multiplexed terhadap pekerjaan-pekerjaan tersebut

Fasilitas OS yang diperlukan untuk Multiprogramming :
 -  I/O yang rutin yang disediakan oleh system
 - Manajemen Memori - sistem harus mengalokasikan memori kepada beberapa pekerjaan.
 - Penjadwalan CPU (CPU scheduling) - sistem harus memilih antara beberapa pekerjaan yang siap untuk dijalankan
-  Alokasi alat.



Sistem Time-Sharing – Komputasi Interactive
-CPU melakukan multiplexed antara beberapa pekerjaan yang berada di memori dan disk (CPU dialokasikan untuk satu pekerjaan jika pekerjaan itu ada di dalam memori).
-Suatu pekerjaan ditukar keluar dan masuk dari memori ke disk
-Komunikasi on-line antara user dan sistem disediakan ketika sistem operasi menyelesaikan pelaksanaan satu perintah, dan CPU mencari " control statement" berikutnya dari keyboard user
-Sistem on-line harus tersedia bagi user untuk mengakses data dan kode.

Sistem Desktop
-Personal Computers - Sistem komputer hanya bagi user tunggal.
-Sarana I/O - keyboard, mouse, monitor, printer.
-Kenyamanan user dan kecepatan reaksi komputer.
-Dapat mengadopsi teknologi yang dikembangkan untuk sistem operasi yang lebih besar, individu yang sering menggunakan komputer tidak memerlukan CPU yang memiliki fasilitas keamanan
-Mampu menjalankan beberapa jenis sistem operasi yang berbeda ( Windows, Macos,
UNIX, Linux)

Sistem Paralel
-Sistem Multiprocessor, dengan lebih dari satu CPU dalam komunikasi jarak dekat.
-Tightly Coupled System - processor berbagi memori dan clock, komunikasi berlangsung melalui memori yang dibagi bersama tersebut
-Keuntungan dari sistem paralel:
  - Peningkatan throughput
  - Ekonomis
  - Peningkatan keandalan : - Penurunan penggunaan waktu proses - Sistem Fail-soft

Sistem Parallel (lanjutan)
-Symmetric Multiprocessing Symmetric (SMP). Masing-masing processor bekerja menjalankan sistem operasi yang identik
   - Banyak proses dapat berjalan sekaligus tanpa penurunan kemampuan
   - Sistem operasi yang modern mendukung SMP
-Asymmetric Multiprocessing. Masing-masing prosesor ditugaskan untuk suatu tugas spesifik, processor utama menjadwalkan dan mengalokasikan pekerjaan ke processor yang lain
   - Lebih umum digunakan pada sistem yang besar

Arsitektur Symmetric Multiprocessing

Sistem Distribusi
-Mendistribusikan komputasi perhitungan ke beberapa physical processors
-Loosely Coupled System - masing-masing processor mempunyai memori lokal sendiri, processor berkomunikasi satu sama lain melalui beberapa bentuk komunikasi, seperti bus kecepatan tinggi atau jalur telepon.
-Keuntungan dari sistem distribusi
   - Pembagian sumber daya
   - Mempercepat komputasi - berbagi beban
   - Keandalan
  - Komunikasi

Sistem Distribusi (lanjutan)
-Memerlukan infrastruktur jaringan komputer
-Local Area Networks (LAN) atau Wide Area Networks (WAN)
-Dapat digunakan pada sistem client-server maupun sistem peer-to-peer .

Struktur umum Client-Server

Sistem Clustered
-Clustering membolehkan dua atau lebih sistem untuk berbagi tempat penyimpanan / storage
-Menyediakan keandalan yang tinggi.
-Asymmetric Clustering : satu server menjalankan aplikasi dan server yang lain standby.
-Symmetric Clustering : semua N penghuni sedang menjalankan aplikasi

Sistem Real-Time
-Sering digunakan sebagai alat kendali dalam suatu aplikasi, seperti pengendali eksperimen ilmiah, medical imaging systems, sistem kontrol industri, dan beberapa sistem display
-Well-defined fixed-time yang dibatasi
-Sistem Real-Time memungkinkan digunakan secara hard real-time atau soft real-time

Sistem Real-Time (Lanjutan)
-Hard Real-Time:
   - Secondary storage yang terbatas, data yang disimpan dalam bentuk short term memory atau Read-Only Memori ( ROM)
   - Bertentangan dengan sistem time-sharing, tidak didukung oleh tujuan utama dari system operasi.
-Soft Real-Time :
   - Penggunaan yang terbatas dalam pengendalian industri robotics
   - Berguna untuk berbagai aplikasi (multimedia, virtual reality) yang menuntut system operasi yang lebih maju

Sistem Handheld
-Personal Digital Assistants (PDA)
-Telepon Selular
-Issues:
   - Memori yang terbatas
   - Processor yang lambat
   - Layar display yang kecil.

Perkembangan Konsep Sistem Operasi dan Fasilitasnya

Lingkungan Komputasi.
-Komputasi tradisional (Traditional Computing)-
-Komputasi berbasis Web (Web-Based Computing)
-Komputasi embedeed (Embedded Computing)










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

http://anakkelasi.blogspot.com/