AKSI (Anak KelaS I)

Rabu, 02 November 2011

Pengantar e - Commerce

Konsep dan Definisi EC

+ Electronic Commerce (EC) adalah “proses pembelian, penjualan atau pertukaran produk, jasa dan informasi melalui jaringan komputer”
EC didefinisikan dari perspektif berikut :
-Komunikasi
-Proses Bisnis
-Layanan
-Online
-Kolaborasi
-Komunitas

e - commerce vs e – business
*E- Commerce
- Mencakup segala kegiatan jual beli dan pertukaran informasi bisnis secara elektronik, termasuk internet
* E-Business
- Memiliki definisi yang lebih luas dari e-Commerce
- Mencakup segala aspek yang ada di dalam e-Commerce, plus bagaimana cara menjalankan bisnis (proses internal dalam organisasi)



*Definisi e-Bisnis lebih luas dari e-Commerce karena di dalamnya tidak hanya pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi juga :
-Layanan pelanggan
-Kolaborasi dengan mitra bisnis
-Mengelola transaksi elektronis dalam organisasi

Teknologi e-Commerce


Electronic Markets
*Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan / menyajikan penawaran dalam suatu segmen pasar dan oleh karenanya menyebabkan :
-Pembeli dapat membandingkan harga
-Pembeli dapat membuat pilihan pembelian

EDI (Electronic Data Service)
- EDI merupakan sistem standarisasi pengkodean transaksi perdagangan sehingga memungkinkan adanya komunikasi langsung dari sistem komputer ke sistem komputer yang lain antar organisasi
- Penggunaan EDI meniadakan perlunya penggunaan faktur pemesanan dan tagihan dalam bentuk hardcopy dan menghindari adanya penundaan dan kesalahan dalam penanganan berkas-berkas hardcopy.

Internet Commerce
Penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk kegiatan pengiklanan dan penjualan produk dan jasa.

Keuntungan e-Commerce
* Bagi organisasi / penjual
- Membuat pasar nasional ataupun international menjadi semakin mudah dicapai
- Menurunkan biaya proses, distribusi, dan pengumpulan informasi
* Bagi konsumen / pembeli
- Akses yang sangat luas (world-wide) terhadap sejumlah besar produk dan jasa
- Home shopping and delivery

Batasan e-Commerce
* Secara Teknis
-Belum adanya standarisasi keamanan transaksi
-Kurangnya bandwidth untuk koneksi
-Mahalnya biaya akses
* Non-teknis
-Persepsi bahwa e-Commerce tidak aman
-Legal issues yang belum pasti (ketidakjelasan hukum)

Tipe – tipe e-Commerce
-Business to Consumer
-Business to Business
-Consumer to Consumer
-Business to Employee
-E-Government
-Mobile Commerce (M-Commerce)

Perbedaan antara proses perdagangan secara manual dengan menggunakan e-commerce:

-> Pada proses dengan e-commerce terjadi efisiensi pada penggunaan fax, pencetakan dokumen, entry ulang dokumen, serta jasa kurir. Efisiensi tersebut akan menunjukkan pengurangan biaya dan waktu/kecepatan proses.
-> Kualitas transfer data pun lebih baik, karena tidak dilakukan entry ulang yang memungkinkan terjadinya human error.

Model Bisnis e-Commerce

Definisi Model Bisnis

“Method of doing business by which a company can sustain itself – that is generated revenue.” ---Michael Rappa

Jenis Model Bisnis eCommerce
- Menurut Michael Rappa, model bisnis dalam eCommerce dibagi menjadi :
Brokerage Advertising Infomediary
Merchant Manufacturer Affiliate
Community Subscription Utility
- Pada sebuah strategi situs web terkadang kombinasi antar beberapa model bisnis digunakan untuk menghasilkan keuntungan bagi organisasi.

Model Bisnis eCommerce
* Brokerage
-Membawa pembeli dan penjual pada satu tempat yang sama dan menjadi fasilitator transaksi.
-Model penghasilannya terutama dari biaya persen per transaksi yang terjadi.
*Advertising
-Merupakan pengembangan dari model broadcasting (penyiaran) tradisional.
-Dalam hal ini yang menjadi broadcaster (penyiar) adalah situs web yang menyediakan content (isi) dan services (layanan) dikombinasikan dengan advertising message (iklan) yang terletak di banner.
-Model penghasilannya terutama dari biaya pemasangan banner.
-Model ini hanya bisa berjalan apabila traffic dari situs web broadcaster (penyiar) cukup besar / sering dikunjungi.

* Infomediary
- Data mengenai pembeli dan kebiasaan membeli mereka sangat penting, data tersebut kemudian digunakan sebagai bahan analisis.
- Hasil analisis tersebut dijual ke pihak ketiga yang memerlukan.
* Merchant
- Model bisnis ini merupakan bentuk elektronis dari penjualan barang secara grosir maupun eceran (retail).
- Penjualan bisa melalui harga yang ada maupun melalui lelang
*Manufacturer
-Perusahaan brick and mortar, yang sudah mempunyai basis industri sendiri, membuat web untuk beberapa tujuan :
--Memperpendek rantai distribusi produk dengan akses langsung ke pemakai
--Meningkatkan pelayanan dan mengetahui kebutuhan pelangan secara langsung

* Affilite
-Model bisnis yang memungkin afiliasi antar situs web eCommerce untuk melakukan promosi / penjualan di Internet
*Community
-Berbasiskan pada kepuasan pengunjung situs, pada beberapa kasus pengunjung merupakan penyumbang isi dan pendapatan dari situs web tersebut.
*Subscription
-Pengunjung membayarkan sejumlah uang pada saat akan mengakses situs tersebut. Isi dari situs tersebut merupakan informasi yang bernilai tinggi.
-Pengunjung dikenakan biaya berdasarkan dengan banyaknya fasilitas yang diakses pada situs web tersebut. Umumnya situs web untuk payment gateway untuk kartu kredit

Download file


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

http://anakkelasi.blogspot.com/