1. Sebutkan 5 Aplikasi (Tools) Pendukung Pemodelan Komputer Grafik ?
Jawab:
1. Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)
Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan pamflet, brosur, booklet, poster, undangan dan lain yang sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
Adobe FrameMaker, Adobe In Design, Adobe PageMaker, Corel Ventura, Microsoft Publisher, Quark Xpress.
2. Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
Adobe Illustrator, Beneba Canvas, CorelDraw, Macromedia Freehand, Metacreations Expression, Micrografx Designer, Inkscape.
3. Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggap sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik. Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:
Adobe Photoshop, Corel Photo Paint, Macromedia Xres, Metacreations Painter, Metacreations Live Picture, Micrografx Picture Publisher, Microsoft Photo Editor, QFX, Wright Image, Pixelmator, Manga studio, Gimp dan Pos Free Photo Editor.
4. Aplikasi Pengolah Film/Video
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan program ini. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini adalah:
Adobe After Effect, Power Director, Show Biz DVD, Ulead Video Studio, Element Premier, Easy Media Creator, Pinnacle Studio Plus, WinDVD Creater, Nero Ultra Edition dan Camtasia Studio
5. Aplikasi Pengolah Multimedia
Program yang termasuk dalam kelompok ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk Multimedia berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi, teks, gambar, dan suara yang dirancan sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih interktif dan menarik. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
Macromedia, Macromedia Authorware, Macromedia Director, Macromedia Flash, Multimedia Builder, Ezedia, Hyper Studio dan Ovation Studio Pro
6. Pengolah 3 dimensi
Contohnya : Xara 3D, 3Ds Max, Houdini, Lightware, Blender, Pixar, Maya, Poser, AutoCad dan Zmodeler
7. Software tipografi
Fontographer dan AMP Font Viewer
2. Tuliskan beberapa manfaat dari belajar Komputer Grafik ? jelaskan?
Jawab:
berbagai manfaat dari grafik komputer:
1 Di Bidang Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,dapat melalui power point ataupun software lainnya.Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.
2 Di Bidang Hiburan
Tidak memungkiri pada sekarang ini semua acara hiburan di Televisi banyak menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun,iklan di TV dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer.Grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.
3 Di Bidang Perancangan
Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat.Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat.Memperkecil tinggkat kesalahan sehingga akan menhasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.
3. Gambarkan Kerangka Grafik Komputer yang Interaktif ?
Jawab:
Kerangka Grafik Komputer Interaktif
• Graphics library/package (contoh: OpenGL) adalah perantara aplikasi dan display hardware (GraphicsSystem)
• Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library
• Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra
• Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, desain,manufaktur, visualisasi dll.
4. Jelaskan kelebihan dan kekurangna Desain grafik Vektor dan Bitmap ?
jawab:
Kelebihan dan kekurangan grafis vektor dan bitmap
- Kelebihan Grafis Vektor
• Ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien
• Objek gambar vektor dapat diubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya
• Dapat dicetak pada resolusi tertingi printer Anda
• Menggambar dan menyunting bentuk vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan
- Kekurangan Grafis Vektor
• Tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor yang prima ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format bitmap
- Kelebihan Grafis Bitmap
• Dapat ditambahkan efek khusus tertentu sehingga dapat membuat objek tampil sesuai keinginan.
• Dapat menghasilkan objek gambar bitmap darionjek gambar vektor dengan cara mudah dan cepat, mutu hasilnya pun dapat ditentukan
- Kelemahan Grafis Bitmap
• Objek gambar tersebut memiliki permasalahan ketika diubah ukurannya, khususnya ketika objek gambar diperbesar.
• Efek yang diidapat dari objek berbasis bitmap yakni akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah
5. Jelaskan perbedaan Hardware Display Grafik Vektor & Raster beserta Arsitekturnya?
jawab:
- Hardware Display Grafik : Vektor
1. Vektor adalah penggunaan bentuk-bentuk geometri primitif (contoh: titik/point, garis lurus/line, garis lengkung/curve, bangun datar/shape/polygon) yang berbasis persamaan matematika untuk membentuk gambar.
2. Arsitektur vector
- Hardware Display Grafik : Raster
1. Raster (bitmap, pixmap) adalah Struktur data yang merepresentasikan piksel dalam grid, atau titik-titik warna, yang bisa ditampilkan pada monitor, kertas, atau medium , Raster (TV, bitmap, pixmap), digunakan dalam layar dan laser printer
2. Arsitektur Raster
6. Buatlah Script dengan output dengan diutamakan dengan menggunakan Polygon : pilih salah satunya:
a. Mobil b. Kepala orang lengkap dengan mata dan hidungnya
c. Bintang diberiwarna biru d. segitiga
Jawab :
D: menggunakan Polygon segitiga:
import java.awt.*;
import javax.swing.*;
public class DrawPolygons extends JFrame {
public DrawPolygons() {
super ("Menggambar Polygon");
setSize (400,300);
show();
}
public void paint(Graphics g) {
super.paint (g);
int xValues[] = {20,40,50,30,20,15};
int yValues[] = {50,50,60,80,80,60};
Polygon poly1 = new Polygon (xValues, yValues, 6); //(arrX, arrY, jumTitik)
Polygon poly2 = new Polygon();
poly2.addPoint (220,100);
poly2.addPoint (175,150);
poly2.addPoint (270,150);
g.fillPolygon (poly2);
}
public static void main (String args[]) {
DrawPolygons test = new DrawPolygons();
test.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
}}
7. Buatlah Grafik dengan sekala sbb:
(100,100,400,400);
(100,400,400,100);
(100,250,400,250);
(250,100,250,400);
Jawab :
8. Buatlah Coding dari output sbb:
Jawab:
import java.awt.*;
import javax.swing.*;
import java.awt.geom.*;
public class garis_warna extends JApplet {
public static void main (String s[]){
JFrame frame = new JFrame();
frame.setTitle("Kelompok 2");
frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
JApplet applet = new KelasGeometri();
applet.init();
frame.getContentPane().add(applet);
frame.pack();
frame.setVisible(true);
}
//deklarasi objek panel2D
public void init(){
JPanel panel = new Panel2D();
getContentPane().add(panel);
}
}
//class panel2D untuk mempuat panel berukuran
//300 x 300 dengan warna putih
class Panel2D extends JPanel{
public Panel2D(){
setPreferredSize(new Dimension (300,300));
setBackground(Color.white);
}
public void paintComponent(Graphics g){
super.paintComponent(g);
Graphics2D g2 = (Graphics2D)g;
//garis dan Warna garis
g2.setColor(Color.blue);
g2.drawLine(100, 100, 200, 200);
g2.setColor(Color.yellow);
g2.drawLine(200, 100, 100, 200);
g2.setColor(Color.red);
g2.drawLine(200, 150, 100, 150);
g2.setColor(Color.green);
g2.drawLine(150, 100, 150, 200);
}
}
9. Apakah Hasil Out put dan Scrip jav aberikut ini :
import java.awt.*;
import java.applet.*;
import java.awt.geom.*;
public class myLine2D extends Applet
{
public void paint(Graphics g)
{
// menetapkan pola garis (stroke)
float dashes[]={10.0f};
BasicStroke stroke1=new
BasicStroke(5.0f,1,2,1.0f,dashes,0.0f);
// memilih objek grafik 2D
Graphics2D g2d = (Graphics2D) g;
//Memberi warna hitam sebagai latar belakang
setBackground(Color.black);
//Mengubah warna pena menjadi warna hijau
g2d.setPaint(Color.green);
//membuat garis yang dikombinasikan dengan pola
garis
g2d.setStroke(stroke1);
for(int i=0;i<=43;i++) g2d.draw(new Line2D.Double(150,150,150+((int)150*Math.cos(i)),150+((int)150*Math .sin(i)))); } } jawab nya :
Download File
Jawab:
1. Aplikasi Pengolah Tata Letak (Layout)
Program ini sering digunakan untuk keperluan pembuatan pamflet, brosur, booklet, poster, undangan dan lain yang sejenis. Program ini mampu mengatur penempatan teks dan gambar yang diambil dari program lain (seperti Adobe Photoshop). Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
Adobe FrameMaker, Adobe In Design, Adobe PageMaker, Corel Ventura, Microsoft Publisher, Quark Xpress.
2. Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat digunakan untuk membuat gambar dalam bentuk vektor/garis sehingga sering disebut sebagai Illustrator Program. Seluruh objek yang dihasilkan berupa kombinasi beberapa garis, baik berupa garis lurus maupun lengkung. Aplikasi yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
Adobe Illustrator, Beneba Canvas, CorelDraw, Macromedia Freehand, Metacreations Expression, Micrografx Designer, Inkscape.
3. Aplikasi Pengolah Pixel/Gambar
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah gambar/manipulasi foto (photo retouching). Objek yang diolah dalam progam-program tersebut dianggap sebagai kombinasi beberapa titik/pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu, misalnya, foto. Gambar dalam foto terbentuk dari beberapa kumpulan pixel yang memiliki kerapatan dan warna tertentu. Meskipun begitu, program yang termasuk dalam kelompok ini dapat juga mengolah teks dan garis, akan tetapi dianggap sebagai kumpulan pixel. Objek yang diimpor dari program pengolah vektor/garis, setelah diolah dengan program pengolah pixel/titik secara otomatis akan dikonversikan menjadi bentuk pixel/titik. Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:
Adobe Photoshop, Corel Photo Paint, Macromedia Xres, Metacreations Painter, Metacreations Live Picture, Micrografx Picture Publisher, Microsoft Photo Editor, QFX, Wright Image, Pixelmator, Manga studio, Gimp dan Pos Free Photo Editor.
4. Aplikasi Pengolah Film/Video
Program yang termasuk dalam kelompok ini dapat dimanfaatkan untuk mengolah film dalam berbagai macam format. Pemberian judul teks (seperti karaoke, teks terjemahan, dll) juga dapat diolah menggunakan program ini. Umumnya, pemberian efek khusus (special effect) seperti suara ledakan, desingan peluru, ombak, dan lain-lain juga dapat dibuat menggunakan aplikasi ini. Yang termasuk dalam kategori ini adalah:
Adobe After Effect, Power Director, Show Biz DVD, Ulead Video Studio, Element Premier, Easy Media Creator, Pinnacle Studio Plus, WinDVD Creater, Nero Ultra Edition dan Camtasia Studio
5. Aplikasi Pengolah Multimedia
Program yang termasuk dalam kelompok ini biasanya digunakan untuk membuat sebuah karya dalam bentuk Multimedia berisi promosi, profil perusahaan, maupun yang sejenisnya dan dikemas dalam bentuk CD maupun DVD. Multimedia tersebut dapat berisi film/movie, animasi, teks, gambar, dan suara yang dirancan sedemikian rupa sehingga pesan yang disampaikan lebih interktif dan menarik. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah:
Macromedia, Macromedia Authorware, Macromedia Director, Macromedia Flash, Multimedia Builder, Ezedia, Hyper Studio dan Ovation Studio Pro
6. Pengolah 3 dimensi
Contohnya : Xara 3D, 3Ds Max, Houdini, Lightware, Blender, Pixar, Maya, Poser, AutoCad dan Zmodeler
7. Software tipografi
Fontographer dan AMP Font Viewer
2. Tuliskan beberapa manfaat dari belajar Komputer Grafik ? jelaskan?
Jawab:
berbagai manfaat dari grafik komputer:
1 Di Bidang Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara nyata,dapat melalui power point ataupun software lainnya.Dengan penggunakan bentuk objek ini diharapkan siswa lebih nyata dalam menerima semua materi yang telah diajarkan,tidak hanya teori saja tetapi sudah melihat bentuk dan simulasinya.Bentuk ini dapat berupa penggambaran bidang,ruang,grafik,gambar kerangka manusia,susunan tubuh manusia,dan sebagainya.
2 Di Bidang Hiburan
Tidak memungkiri pada sekarang ini semua acara hiburan di Televisi banyak menggunakan grafik komputer.Mulai dari film kartun,iklan di TV dan sampai acara sinetron sekalipun sudah di selipi oleh grafik komputer.Grafik komputer disini berupa efek animasi yang dapat membuat film semakin menarik.
3 Di Bidang Perancangan
Pada bidang ini grafik komputer digunakan untuk membuat berbagai desain dan model objek yang akan dibuat.Misalnya digunakan untuk mendesain suatu arsitektur bangunan,desain kendaraan dan lainnya.Menggunakan software desain grafis seperti auto cad semuanya akan berlangsung secara mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat.Memperkecil tinggkat kesalahan sehingga akan menhasilkan suatu model yang sama seperti aslinya.
3. Gambarkan Kerangka Grafik Komputer yang Interaktif ?
Jawab:
Kerangka Grafik Komputer Interaktif
• Graphics library/package (contoh: OpenGL) adalah perantara aplikasi dan display hardware (GraphicsSystem)
• Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library
• Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra
• Citra merupakan hasil akhir dari sintesa, desain,manufaktur, visualisasi dll.
4. Jelaskan kelebihan dan kekurangna Desain grafik Vektor dan Bitmap ?
jawab:
Kelebihan dan kekurangan grafis vektor dan bitmap
- Kelebihan Grafis Vektor
• Ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien
• Objek gambar vektor dapat diubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya
• Dapat dicetak pada resolusi tertingi printer Anda
• Menggambar dan menyunting bentuk vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan
- Kekurangan Grafis Vektor
• Tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor yang prima ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format bitmap
- Kelebihan Grafis Bitmap
• Dapat ditambahkan efek khusus tertentu sehingga dapat membuat objek tampil sesuai keinginan.
• Dapat menghasilkan objek gambar bitmap darionjek gambar vektor dengan cara mudah dan cepat, mutu hasilnya pun dapat ditentukan
- Kelemahan Grafis Bitmap
• Objek gambar tersebut memiliki permasalahan ketika diubah ukurannya, khususnya ketika objek gambar diperbesar.
• Efek yang diidapat dari objek berbasis bitmap yakni akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah
5. Jelaskan perbedaan Hardware Display Grafik Vektor & Raster beserta Arsitekturnya?
jawab:
- Hardware Display Grafik : Vektor
1. Vektor adalah penggunaan bentuk-bentuk geometri primitif (contoh: titik/point, garis lurus/line, garis lengkung/curve, bangun datar/shape/polygon) yang berbasis persamaan matematika untuk membentuk gambar.
2. Arsitektur vector
- Hardware Display Grafik : Raster
1. Raster (bitmap, pixmap) adalah Struktur data yang merepresentasikan piksel dalam grid, atau titik-titik warna, yang bisa ditampilkan pada monitor, kertas, atau medium , Raster (TV, bitmap, pixmap), digunakan dalam layar dan laser printer
2. Arsitektur Raster
6. Buatlah Script dengan output dengan diutamakan dengan menggunakan Polygon : pilih salah satunya:
a. Mobil b. Kepala orang lengkap dengan mata dan hidungnya
c. Bintang diberiwarna biru d. segitiga
Jawab :
D: menggunakan Polygon segitiga:
import java.awt.*;
import javax.swing.*;
public class DrawPolygons extends JFrame {
public DrawPolygons() {
super ("Menggambar Polygon");
setSize (400,300);
show();
}
public void paint(Graphics g) {
super.paint (g);
int xValues[] = {20,40,50,30,20,15};
int yValues[] = {50,50,60,80,80,60};
Polygon poly1 = new Polygon (xValues, yValues, 6); //(arrX, arrY, jumTitik)
Polygon poly2 = new Polygon();
poly2.addPoint (220,100);
poly2.addPoint (175,150);
poly2.addPoint (270,150);
g.fillPolygon (poly2);
}
public static void main (String args[]) {
DrawPolygons test = new DrawPolygons();
test.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
}}
7. Buatlah Grafik dengan sekala sbb:
(100,100,400,400);
(100,400,400,100);
(100,250,400,250);
(250,100,250,400);
Jawab :
8. Buatlah Coding dari output sbb:
Jawab:
import java.awt.*;
import javax.swing.*;
import java.awt.geom.*;
public class garis_warna extends JApplet {
public static void main (String s[]){
JFrame frame = new JFrame();
frame.setTitle("Kelompok 2");
frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
JApplet applet = new KelasGeometri();
applet.init();
frame.getContentPane().add(applet);
frame.pack();
frame.setVisible(true);
}
//deklarasi objek panel2D
public void init(){
JPanel panel = new Panel2D();
getContentPane().add(panel);
}
}
//class panel2D untuk mempuat panel berukuran
//300 x 300 dengan warna putih
class Panel2D extends JPanel{
public Panel2D(){
setPreferredSize(new Dimension (300,300));
setBackground(Color.white);
}
public void paintComponent(Graphics g){
super.paintComponent(g);
Graphics2D g2 = (Graphics2D)g;
//garis dan Warna garis
g2.setColor(Color.blue);
g2.drawLine(100, 100, 200, 200);
g2.setColor(Color.yellow);
g2.drawLine(200, 100, 100, 200);
g2.setColor(Color.red);
g2.drawLine(200, 150, 100, 150);
g2.setColor(Color.green);
g2.drawLine(150, 100, 150, 200);
}
}
9. Apakah Hasil Out put dan Scrip jav aberikut ini :
import java.awt.*;
import java.applet.*;
import java.awt.geom.*;
public class myLine2D extends Applet
{
public void paint(Graphics g)
{
// menetapkan pola garis (stroke)
float dashes[]={10.0f};
BasicStroke stroke1=new
BasicStroke(5.0f,1,2,1.0f,dashes,0.0f);
// memilih objek grafik 2D
Graphics2D g2d = (Graphics2D) g;
//Memberi warna hitam sebagai latar belakang
setBackground(Color.black);
//Mengubah warna pena menjadi warna hijau
g2d.setPaint(Color.green);
//membuat garis yang dikombinasikan dengan pola
garis
g2d.setStroke(stroke1);
for(int i=0;i<=43;i++) g2d.draw(new Line2D.Double(150,150,150+((int)150*Math.cos(i)),150+((int)150*Math .sin(i)))); } } jawab nya :
Download File
Tidak ada komentar:
Posting Komentar